Life Hacks

Kelola Belanja dengan Diet Kantong Plastik

March 10, 2016

Belakangan, muncul gerakan #dietkantongplastik di supermarket dan minimarket modern. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dan mendukung program pemerintah untuk go green dan menjadi ramah lingkungan. Ternyata, dengan diet kantong plastik, Anda juga dapat mengelola belanja menjadi lebih hemat loh.

Ketika belanja di supermarket atau minimarket, jika Anda tidak membawa list daftar belanja, kecenderungan Anda bukan hanya membeli barang keperluan Anda tetapi Anda juga akan tertarik untuk membeli barang lain yang tidak Anda perlukan. Bukan hanya budget belanja Anda yang membengkak, tas belanjaan Anda pun bertambah besar dan berat.

Sebagian besar orang menganggap kantong plastik berbayar akan menambah ekstra pengeluaran untuk kantong plastik, akan tetapi hal ini dapat disikapi berbeda dan justru membantu untuk mengelola budget belanja Anda. Dengan melakukan diet kantong plastik, Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengelola belanja dengan beberapa tips tertentu. Selain itu, anda juga mendukung program pemerintah untuk ramah lingkungan.

Belanja Secukupnya

Dengan tidak memakai kantong plastik, Anda akan berpikir sebelum memilih barang apa saja yang dapat Anda beli dan bawa sendiri tanpa kantong plastik. Karena itu, ketika Anda berbelanja di minimarket untuk belanja kebutuhan harian Anda, tentukan terlebih dahulu barang apa saja yang Anda perlukan untuk dibeli. Jika Anda cenderung lupa, sebaiknya bawa daftar belanja.

Jika Anda ingin membeli lebih banyak barang kebutuhan harian, membuat daftar belanja sebelumnya akan sangat membantu. Anda akan terbiasa untuk berpikir barang apa saja yang dapat Anda bawa sendiri tanpa kantong plastik atau apakah Anda membutuhkan kantong tambahan dengan ukuran yang sesuai untuk barang belanjaan Anda.

Mengajarkan Anak Anda Berbelanja

Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan anak Anda untuk berbelanja sesuai kebutuhan. Ketika Anda membawa anak Anda turut berbelanja, biasanya anak Anda akan meminta dibelikan sesuatu di luar daftar belanja Anda, entah itu makanan ringan atau hal lainnya. Anda pun sebagai orangtua biasanya sulit untuk menolak permintaan anak.

Ketika anak Anda meminta dibelikan sesuatu, Anda dapat mengajarkannya untuk membawa sendiri barang yang ingin dibeli olehnya. Jika barang yang ingin dibeli terlalu banyak dan tidak dapat dibawa sendiri olehnya, anak Anda dapat menawarkan untuk memilih barang apa yang dia perlukan dan inginkan untuk dibeli sesuai dengan kapasitasnya membawa barang. Dengan demikian, Anda juga mengajarkan untuk tidak berlebihan dalam berbelanja. Hal ini juga mengajarkan anak Anda untuk bertanggungjawab dan dewasa dalam setiap keputusan yang diambilnya, terutama dalam hal kebiasaan mengeluarkan uang.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply